Kamis, 09 Agustus 2012

Sejarah Adalah?

Sejarah adalah kisah rentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampa. Kisah atau catatan tentang kejadian pada masa lamapau disusun berdasarkan hasil penelitian terhadap berbagai sumber sejarah. Adapun summber-sumber sejarah tersebut terdiri dari peninggalan sisa-sisa kehidupan pada masa lampau, benda-benda atau alat kehidupan manusia pada masa lampau, catatan atau tulisan tentang kejadian-kejadian pada masa lampau, dan dapat pula berasal dari keterangan lisan.

Sumber-sumber tertulis tentang kejadian pada masa lampau dapat berupa prasasti, catatan perjalanan para musafir dan dapat pula tulisan berupa kitab-kitab karya para sastrawan pada masa lalu.
Sumber sejarah yang berupa tulisan tentunya hanya berasal dari zaman ketika manusia sudah mengenal tulisan atau disebut uga zaman sejarah. Bagaimana halnya dengan suber sejarah kehidupan manusia purba, yang hidup pada zaman pra sejarah yang waktu itu belum mengenal tulisan? Manusia yang hidup pada zaman tersebut tidak meninggalkan peninggalan yang berupa tulisan. Lalu, apakah usaha yang dapat dilakukan orang-orang pada zaman sekarang untuk mengetahui kehidupan manusia purba pada zaman pra sejarah?
 
Untuk mengetahui kehidupan zaman prasejarah para ahli sejarah mengadakan penelitian dengan cara melakukan penggalian-penggalian di daerah-daerah yang diperkirakan pernah ditempti oleh manusia purba. Dari penggalian-penggalian tersebut, para ahli menemukan berbagai peninggalan sejarah, diantaranya yang berupa fosil maupun artefak.
Fosil ialah sisa-sisa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun manusia yang telah membatu. Artefak adalah peninggalan sejarah yang berupa benda atau perkakas kehidupan manusia pada masa lampau.
Berdasarkan hasil penemuan-penemuan tersebut, para ahli melakukan penelitian lebih lanjut sehingga dapat dambil suatu kesimpulan mengenai jenis manusia purba yang hidup pada suatu zaman, baik perkembangan kehidupannya maupun asal-usul serta fungsi alat-alat kehidupan yang ditemukan.

Sumber : Buku sejarah kelas vii SMP karya Mh.Passan. DKK,penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya ini
http://belajar-ilmu1.blogspot.com


.: Artikel Terkait :.

1 komentar :

SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR/TANGGAPAN ANDA PADA KOTAK KOMENTAR YANG TELAH DISEDIAKAN.
Blog Saya Ini Adalah Blog DOFOLLOW